Survei Vektor dan Status Kerentanan Nyamuk di Wilayah Kerja KKP Bandung


 Pelabuhan Ratu Sukabumi, 10-12 April 2017

Kegiatan survei indeks entomologi ini berdasarkan permintaan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandung di wilayah kerja Pelabuhan Ratu Sukabumi. Salah satu tugas pokok dan fungsi KKP adalah melaksanaan pengamatan penyakit, potensial wabah, penyakit baru dan penyakit yang muncul kembali, termasuk didalamnya adalah penyakit tular vektor Demam Berdarah Dengue/DBD dan Malaria. KKP melakukan kegiatan survei rutin vektor dan pengendalian seperti fogging dan larvasida pada wilayah perimeter ±2 ha dari Dermaga dan buffer dengan jarak ± 2 km dari kantor KKP.

Permasalahan yang terjadi adalah masih ditemukan nyamuk vektor terutama DBD yaitu nyamuk Aedes positif jentik di wilayah tersebut, sehingga KKP Bandung bekerjasama dengan Loka Litbang P2B2 Ciamis melakukan evaluasi kegiatan fogging dengan uji kerentanan nyamuk vektor.

Kegiatan yang dilakukan terdiri dari survei entomologi dan pemetaan nyamuk Aedes di wilayah buffer pada 100 rumah penduduk, survei entomologi dan pemetaan nyamuk Aedes di wilayah perimeter pada beberapa bangunan baik yang permanen maupun semi permanen di wilayah perimeter KKP yaitu di Dermaga dan yang terakhir adalah survei tempat perkembangbiakan potensial (TPP) nyamuk Anopheles. Pada kegiatan ini, tim hanya memperoleh larva Aedes, sedangkan larva Anopheles tidak berhasil ditemukan sehingga tim Loka Litbang P2B2 Ciamis membawa pulang larva Aedes untuk direaring di insektarium dan selanjutnya akan diuji kerentanan nyamuk terhadap beberapa insektisida. Harapannya bulan Juni 2017 stok nyamuk dewasa dan pra dewasa tercukupi sehingga uji kerentanan nyamuk Aedes terhadap beberapa insekstisida dapat dilakukan.