Resensi Buku "Kiat Menulis Artikel Ilmiah"


Aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam pemilihan judul artikel yaitu judul mencerminkan isi karya ilmiah, judul yang menarik perhatian, judul tidak bersifat kedaerahan, judul mempunyai nilai berita bagi pembaca internasional, judul mencantumkan masalah penelitian dengan jelas, singkat dan khas. Setelah judul berikutnya adalah abstrak. Abstrak merupakan intisari dari karya ilmiah yang sering dijadikan acuan oleh pembaca untuk memilah karya ilmiah mana yang perlu dibacanya. Unsur utama abstrak adalah latar belakang, tujuan penelitian, materi atau prosedur penelitian, hasil, evaluasi hasil, dan kesimpulan. Ulasan tentang judul dan abstrak dinilai cukup jelas. Pembaca akan mudah memahaminya karena buku ini memberikan contoh-contoh judul dan abstrak yang tepat dan nyata.

Buku setebal 172 halaman ini terdiri dari 13 BAB antara lain yaitu pendahuluan, jenis-jenus artikel dan jurnal ilmiah, penentuan peringkat jurnal internasional, memilih jurnal untuk publikasi penelitian, membuat judul artikel ilmiah, teknik penulisan abstrak karya ilmiah, teknik penulisan pendahuluan artikel ilmiah, penulisan materi dan metode penelitian artikel ilmiah, teknik penulisan hasil penelitian, teknik penulisan pembahasan penelitian, teknik penulisan daftar pustaka, penyiapan dan penyelesaian naskah, dan penulisan karya ilmiah hasil pemikiran.

Jarak antar baris dalam setiap paragraf terlihat berdekatan. Mata akan mudah lelah dalam membaca kalimat-demi kalimat dalam buku ini. Ukuran font yang cukup kecil dipadukan dengan jarak antar baris yang berdekatan adalah penyebab utamanya. Untuk memahami setiap materi buku yang harus mendapat perhatian lebih, justru aspek kenyamanan dirasakan kurang dalam membaca Bab demi Bab dalam buku ini.

Terlepas dari kekurangan desain halaman, buku “Kiat Menulis Artikel Ilmiah” karya Prof. Ir. Urip Santoso, S.I.Kom, M.Sc, Ph.D tetap dapat dijadikan acuan dalam menulis artikel ilmiah. Setiap aspek dalam penulisan artikel ilmiah dapat ditemukan ulasannya, selain teori juga dilengkapi dengan praktik dan pengalaman sang penulis. Contoh-contoh aspek dalam teknik menulis artikel diambil dalam publikasi tulisan yang telah dipublikasikan jurnal. Diharapkan setelah membaca buku ini pembaca mampu menulis artikel ilmiah untuk berbagai keperluan misalnya penerbitan dalam jurnal terkareditasi, pengumpulan angka kredit, partisipasi dalam lomba karya tulis ilmiah dan sebagainya. [DAC]

Nomor Panggil         :  808.02 San k

Judul                              : Kiat Menulis Artikel Ilmiah

Impresum                    :   Yogyakarta, Graha Ilmu - 2014

Kolasi                              :   172 hal. Ilus; 23 cm

Subyek                            :   Artikel Ilmiah, Teknik penulisan