Kabar Gembira.. Kini Wisata Ilmiah Loka Litbangkes Pangandaran Buka Hari Sabtu dan Minggu!


Kawasan Pangandaran merupakan salah satu destinasi pariwisata favorit di indonesia. Beragam jenis obyek wisata menarik terdapat di kawasan Pangandaran antara lain pantai, gua, air terjun, pegunungan dan kampung wisata. Wisata Ilmiah Loka Litbangkes Pangandaran merupakan salah satu obyek wisata yang menawarkan hiburan dan pendidikan dalam satu kemasan di kawasan Pantai Pangandaran. Wisata Ilmiah Loka Litbangkes Pangandaran berlokasi di kompleks perkantoran Loka Litbangkes Pangandaran di Jalan Pangandaran Km. 3 Desa Babakan Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat. Lokasinya tepat 3 kilometer sebelum lampu merah di dekat Masjid Besar Pangandaran. Masyarakat sekitar wilayah Pangandaran mengenal Loka Litbangkes Pangandaran dengan nama Lab Nyamuk.   

Kini dalam rangka meningkatkan pelayanan prima dan menjangkau masyarakat luas, kami membuka layanan kunjungan wisata ilmiah pada hari Sabtu dan Minggu. Bagi anda yang sedang berada di Kawasan Wisata Pantai Pangandaran dapat langsung mengunjungi kami pada jam 09.00 – 15.00 WIB di Loka Litbangkes Pangandaran. Wahana wisata ilmiah yang dapat anda kunjungi yaitu gedung sinema Theater Nyamuk, Museum Nyamuk, Taman Tanaman Obat Pengusir Nyamuk dan Malaria (TOMPEN) dan Insektarium. Khusus untuk pemutaran film diselenggarakan pada ham 10.00 dan 14.00 WIB.

Gedung sinema Theater Nyamuk memiliki fasilitas untuk memutar film animasi dan dokumentasi mengenai penelitian penyakit tular vektor nyamuk yang disesuaikan dengan segmentasi usia dan pendidikanpengunjung. Ruangan sinema memiliki fasilitas 60 tempat duduk, pendingin udara, sistem tata suara dan layar sinema. Museum Nyamuk memiliki koleksi 301 spesimen terdiri dari 26 spesies dan 6 genus yang berasal dari wilayah Indoensia. Selain koleksi spesimen nyamuk, museum memiliki koleksi peralatan penelitian penyakit tular vektor, koleksi spesimen serangga kumbang, kupu-kupu dan kumbang, poster penelitian, layar interaktif, mikroskop, dan simplisia. TOMPEN merupakan wahana koleksi berbagai jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk baik secara langsung maupun proses ekstraksi. Koleksi TOMPEN dapat memberikan informasi potensi berbagai tanaman pengusir nyamuk yang biasa tumbuh di sekitar lingkungan rumah kita. Insektarium merupakan fasilitas penelitian untuk meneliti dan mengembangkan berbagai spesies nyamuk secara ilmiah. Insektarium memiliki fasilitas untuk mengamati fase siklus hidup nyamuk mulai dari telur, larva, pupa sampai dewasa.

Ayo ajak keluarga, sahabat, teman dan orang-orang-orang terdekat untuk berkunjung ke Wisata Ilmiah Loka Litbangkes Pangandaran. Silahkan mengunjungi kai secara langsung pada Hari Senin-Jumat Jam 07.30 – 16.00 WIB dan Sabtu – Minggu Jam 09.00 – 15.00 WIB. Untuk Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi nomor telepon telepon (0265) 639375 dan e-mail lokaciamisp2b2@gmail.com. [DAC]