Muvies 2019: Aktualisasi Diri Pengunjung Museum


Salah satu ajang permuseuman bergengsi di Indonesia, Muvies, diselenggarakan di Kota Bandung pada Tanggal 14-15 Desember 2019. Muvies 2019 merupakan pameran museum dalam rangka perayaan hari jadi Museum Gedung Sate yang pertama. Tagline perdana Muvies 2019 yaitu “Muvies 1st Anniversary Museum Gedung Sate, The Leading Museum of West Java”. Peserta Muvies 2019 terdiri dari 48 Museum dari seluruh Kabupaten dan Kota di Jawa Barat.

Konsep yang diusung Muvies 2019 terbilang unik. Jika pada umumnya pameran museum ditata dengan deretan stand yang berisi berbagai pajangan dan koleksi, tidak demikian halnya dengan Muvies 2019. Muvies 2019 menerapkan konsep photobooth yang menghadirkan pengunung seolah-olah berada di museum tersebut. Tujuannya agar pengunjung dapat memanfaatkan photobooth setiap museum sebagai objek atau latar untuk berfoto. Foto yang dihasilkan akan unik dan tampak nyata. Konsep ini selaras dengan kegandrungan masyarakat di era milenial dalam berswafoto. Konsep photobooth setiap museum peserta pameran Muvies 2019 didesain sedemikian rupa berbeda satu dengan lainnya untuk memberikan pilihan latar yang beragam bagi pengunjung.

Loka Litbangkes Pangandaran berpartisipasi dengan mengirimkan Museum Nyamuk di ajang bergengsi Muvies 2019. Tim Wisata Ilmiah yang ditugaskan untuk memfasilitasi partisipasi dalam Muvies 2019 yaitu Bapak Usman Syarifudin & Bapak Ajat Sudrajat. Konsep photobooth Museum Nyamuk mengusung tema yang interaktif dengan setiap pengunjung. kandang uji repelen nyamuk menjadi salah satu daya tarik yang membuat penasaran setiap pengunjung untuk memasukan tangan kedalamnya. Mikroskop dengan layar sentuh tidak luput dari perhatian pengunjung photobooth Museum Nyamuk. Setiap pengunjung dipandung oleh tim Wisata Ilmiah Loka Litbangkes Pangandarna. Sebagian besar pengunjung dibuat penasaran oleh objek yang dipamerkan oleh Museum Nyamuk.

Demikian Muvies 2019 dan partisipasi Museum Nyamuk Loka Litbangkes Pangandaran. Konsep Muvies 2019 telah memberi standar baru untuk dunia permuseuman di era milenial belakangan ini. Museum bukan hanya untuk memajang berbagai objek yang dianggap menarik, juga untuk mengaktualisasikan diri setiap pengunjungnya di era media sosial. Koleksi Museum Nyamuk yang lengkap terdapat di Loka Litbangkes Pangandaran yang berlamat Jalan Raya Pangandaran Km. 3 Desa Babakan Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. [DAC]