Terbit! Buletin Inside Edisi Juni 2019


     Buletin Inside Edisi 26 Volume XIV Nomor 1 Juni 2019 telah terbit. Publikasi semi populer yang diterbitkan Loka Litbangkes Pangandaran di paruh Tahun 2019 mengambil tema stunting sebagai fokus utama. Stunting, dikenal dengan istilah gagal tumbuh kembang, telah menjadi salah satu isu utama dalam pembangunan kesehatan masyarakat dewasa ini. Stunting tidak lagi identik dengan anak dari keluarga tidak mampu. Anak dengan gagal tumbuh kembang dapat terjadi dilingkungan keluarga yang sejahtera. Stunting merupakan permasalahan multidimensi. Penanggulangannya tidak melulu dengan cara meningkatan asupan gizi pada anak-anak. Banyak faktor eksternal lainnya yang dapat meningkatkan prevalensi stunting pada anak-anak di masa pertumbuhan. Informasi mengenai stunting dan berbagai penanggulangannya dapat anda simak dalam Buletin Inside edisi Bulan Juni 2019 ini.

     Artikel-artikel dalam rubrik Buletin Inside edisi Juni 2019 lainnya tidak kalah menarik. Rubrik Cakrawala Daerah membuka wawasan kita mengenai keunikan kasus malaria knowlesi yang belum banyak diketahui masyarakat, mulai dari gejala sampai dengan spesies nyamuk yang menjadi vektornya. Rubrik Pendidikan mengupas beberapa artikel yang akan membuat penasaran, antara lain degung bunyi nyamuk kerap menggangu saat kita akan terlelap tidur. Tahukah anda ternyata nyamuk dapat menggangu tidur kita, juga butuh istirahat untuk kelangsungan hidupnya? Temukan juga informasi mengenai “nyamuk raksasa yang berperan penting dalam membantu mengurangi populasi nyamuk lainnya. Kucing hewan peliharaan yang lucu dan  menggemaskan menyimpan potensi sebagai vektor penyakit selain alergi yang timbul dari bulunya.

     Agenda Rapat Kerja Loka Litbangkes Pangandaran dipaparkan dalam reportase khusus. Rubrik investigasi kali ini mengungkap pentingnya peran surveilans aktif untuk memutus rantai penularan filariasis. Selain itu, efektifitas tunjangan kinerja PNS dalam meningkatkan kinerja dikupas dalam rubrik organisasi. Rubrik Renungan edisi Juni 2019 mengambil tema Kuaci yang meskipun ukurannya kecil tetapi mengandung makna yang dalam mengenai kehidupan duniawi.

Untuk mengakses Buletin Inside Edisi Juni 2019 secara online, silahkan klik tautan berikut ini:

s.id/insidejuni2019

     Semoga setiap informasi dalam Buletin Inside Edisi 26 Volume XIV Nomor 1 Juni 2019 dapat menginspirasi pembaca khususnya dari berbagai kalangan dalam pembangunan kesehatan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan. Salam Inspiratif!  [DAC]