Kunjungan Wisata Ilmiah Poltekkes Semarang - Meraih Inspirasi Untuk Kajian dan Penelitian Kesehatan


Rabu 23 Oktober 2019 Poltekkes Semarang berkunjung ke Loka Litbangkes Pangandaran. Kunjungan dalam rangka praktik lapangan dan wisata ilmiah di bidang penelitian dan pengembangan kesehatan khususnya pengendalian vektor penyakit. Rombongan terdiri dari 51 orang mahasiswa dan mahasiswi.
Rangkaian kegiatan terdiri dari kunjungan ke wahana wisata ilmiah Loka Litbangkes Pangandaran yaitu museum nyamuk, taman tanaman obat malaria dan pengusir nyamuk atau yang dikenal dengan nama TOMPEN, dan insektarium. Selain wahana wisata ilmiah, peserta mendapatkan pemaparan materi ilmu pengetahuan seputar dunia vektor khususnya serangga nyamuk di Gedung Mosquito Theater Loka Litbangkes Pangandaran. Rangkaian materi mulai dari pengendalian vektor, resistensi vektor, identifikasi genera dan sebagainya. Selain teori, peserta juga diajak diskusi interaktif dan praktik yang dipandu oleh Peneliti Loka Litbangkes Pangandaran yang terdiri dari pinning, mounting, pembedahan ovarium nyamuk, survey tempat perindukan dan spot survey penangkapan nyamuk dewasa di wilayah sekitar Pangandaran.
Demikian kunjungan Poltekkes Semarang di wisata ilmiah Loka Litbangkes Pangandaran. Diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa untuk melakukan penelitian, kajian dan pengembangan dalam bidang kesehatan khususnya eliminasi dan pengendalian penyakit tular vektor. Wisata Ilmiah Loka Litbangkes terbuka untuk seluruh kalangan baik akademisi maupun masyarakat umum. [DAC]